Langsung ke konten utama

PBB: Tujuan Utama, Struktur, Lembaga, dan Anggota


Perserikatan Bangsa-Bangsa atau yang biasa disingkat dengan PBB (dalam bahasa Inggris, United Nations/UN) merupakan organisasi dunia yang melakukan kerjasama secara Internasional. Organisasi ini dibentuk pada tanggal 24 Oktober 1945, sebagai pengganti Liga Bangsa-Bangsa.

PBB berdiri setelah Perang Dunia II dan tujuan awalnya yakni mencegah terulangnya konflik serupa yang dapat memakan banyak korban.

Untuk Markas Besar PBB berada di New York, Amerika Serikat. Dan kantor utama lainnya terletak di Jenewa, Nairobi dan Wina. Organisasi dunia yang satu ini memiliki hak ekstrateritorialitas, dimana terdapat pengecualian dari yurisdiksi hukum lokal.

Saat ini Perserikatan Bangsa-Bangsa dipimpin oleh Sekretaris Jenderal António Guterres. Bahasa resmi yang digunakan saat melakukan pertemuan, yakni Arab, Tionghoa, Inggris, Prancis, Rusia dan Spanyol.

Tujuan Utama PBB

Dibentuknya PBB, karena berdasarkan kepentingan bersama antar negara anggota. Dan yang menjadi tujuan utama dari Perserikatan Bangsa-Bangsa ini, ialah:

  1. Menjaga perdamaian dan keamanan dunia
  2. Memajukan dan mendorong hubungan persaudaraan antarbangsa melalui penghormatan hak asasi manusia
  3. Membina kerjasama internasional dalam pembangunan bidang ekonomi, sosial, budaya, dan lingkungan
  4. Menjadi pusat penyelarasan segala tindakan bersama terhadap negara-negara target yang membahayakan perdamaian dunia
  5. Menyediakan bantuan kemanusiaan apabila terjadi kelaparan, bencana alam, dan konflik bersenjata.

Struktur Organisasi PBB

PBB memiliki enam badan utama, namun satu diantaranya dinonaktifkan semenjak tahun 1994, setelah kemerdekaan Republik Palau. Badan utama PBB yang dinonaktifkan adalah Dewan Perwakilan Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Kelima badan utama yang masih aktif, yakni:

  1. Majelis Umum (Dewan Musyawarah Utama)
  2. Dewan Keamanan, yang bertugas membuat beberapa resolusi mengikat mengenai perdamaian, dan keamanan.
  3. Dewan Ekonomi dan Sosial (ECOSOC), yang bertugas mendorong kerjasama dan pembangunan ekonomi sosial internasional.
  4. Sekretariat, diberi tugas menyediakan studi, informasi, dan fasilitas yang diperlukan PBB.
  5. Mahkamah Internasional (Badan Yudisial Utama), yang bertugas mengadili dan memutuskan sengketa antara negara (internasional) dengan pedoman dari perjanjian internasional, adat kebiasaan internasional, asas hukum yang berlaku bagi bangsa yang beradab, yurisprudensi dan pendapat-pendapat ahli hukum.

Tidak semua badan utama PBB bermarkas di wilayah internasional Manhattan, New York City, USA, Markas Besar Perserikatan Bangsa-Bangsa. Terdapat satu badan utama yang berbeda lokasi, yakni badan Mahkamah Internasional yang berkedudukan di Den Haag, Belanda.

Organisasi Dunia di Bawah Naungan PBB

Hingga saat ini sudah banyak organisasi-organisasi yang didirikan dan berada dibawah naungan PBB yang berfungsi mengawasi isu-isu tertentu. Semua organisasi tersebut berada dibawah pengawasan langsung ECOSOC. Berikut organisasi-organisasi dunia yang termasuk kedalam lembaga khusus  PBB.

1. Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO)

2. Badan Tenaga Atom Internasional (IAEA)

3. Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO)

4. Dana Internasional untuk Pengembangan Pertanian (IFAD)

5. Organisasi Buruh Internasional (ILO)

6. Organisasi Maritim Internasional (IMO)

7. Dana Moneter Internasional (IMF)

8. Uni Telekomunikasi Internasional (ITU)

9. Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan PBB (UNESCO)

10. Organisasi Pengembangan Industri Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNIDO)

11. Organisasi Pariwisata Dunia (UNWTO)

12. Kesatuan Pos Sedunia (UPU)

13. Bank Dunia (WB)

14. Program Pangan Dunia (WFP)

15. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO)

16. Organisasi Hak atas Kekayaan Intelektual Dunia (WIPO)

17. Organisasi Meteorologi Dunia (WMO)

18. United Nations International Children’s Emergency Fund (UNICEF)

Anggota PBB

Saat PBB dibentuk, disusunlah Piagam Perserikatan Bangsa-Bangsa dalam sebuah konfrensi pada April – Juni 1945. Piagam tersebut berlaku sejak 24 Oktober 1945, dan Sidang Umum perdananya dihadiri 51 negara pada 10 Januari 1946 di Church House, London.

Isi dari Piagam PBB tersebut, ialah:

1. Keanggotaan di PBB terbuka untuk semua negara cinta damai lainnya yang menerima kewajiban yang termuat dalam Piagam ini dan, menurut penilaian Organisasi, mampu, dan mau melaksanakan kewajiban-kewajiban ini.

2. Penerimaan dari negara tersebut kepada keanggotaan di PBB akan dipengaruhi oleh keputusan Majelis Umum atas rekomendasi Dewan Keamanan.

Hingga saat ini, PBB telah memiliki anggota sebanyak 193 negara anggota, termasuk negara yang menyatakan kemerdekaannya masing-masing, serta diakui kedaulatannya secara internasional, kecuali Vatikan. Vatikan adalah Tahta Suci yang menjadi pengamat permanen.

Itulah informasi seputar tujuan, stuktur, lembaga dan anggota organisasi yang tergabung di dalam PBB. Semoga dapat menambah pengetahuan kamu seputar organisasi dunia.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengulik Sejarah FIFA Lengkap dengan Daftar Anggotanya

Hai sobat blog… Jika kamu termasuk ke dalam pecinta bola, istilah FIFA pasti sudah tidak asing lagi. Bagaimana tidak, FIFA sangat berperan penting dalam perkembangan sepak bola dunia. Mereka harus menyelenggarakan beberapa kompetisi bersifat dunia dan juga regional. Dan bukan hanya itu saja, FIFA juga harus mempersiapkan pesta sepak bola dunia yang bertajuk Piala Dunia. Piala Dunia pertama kali yang dihadirkan FIFA terjadi pada tahun 1930 dimana Uruguay menjadi tuan rumah sekaligus pemenang dari kompetisi pesta sepak bola dunia pertama tersebut. Jules Rimet, Presiden FIFA ketiga menjadi prakarsa Piala Dunia pertama ini. Ia terinsipirasi untuk membuat turnamen Piala Dunia setelah kesuksesan kompetisi sepak bola di Olimpiade. Hingga saat ini, FIFA juga memegang peranan ini sebagai penyelenggara permainan sepak bola secara global termasuk bertanggung jawab menggelar pesta sepak bola dunia, Piala Dunia. Meski demikian, untuk sampai di masa ini, FIFA  tentu telah melalui perjala

Mengenal FIVB, Induk Organisasi Bola Voli Internasional

Fédération Internationale de Volleyball Induk organisasi bola voli internasional adalah FIVB kepanjangan dari Fédération Internationale de Volleyball. Organisasi ini memiliki kantor pusat yang berad di Lausanne, Swiss. Sementara di tanah air terdapat organisasi yang mengurusi olahraga voli, yaitu Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI). Nah, organisasi bola voli internasional sendiri memiliki berbagai struktur administratif seperti Dewan Administrasi, Komite Eksekutif, Presiden FIVB, serta Dewan yang berurusan dengan hal-hal tertentu seperti obat-obatan, wasit, turnamen, dan keuangan. Selain itu, FIVB juga menaungi lima konfederasi di beberapa benua seperti: Asian Volleyball Confederation (AVC) di Asia dan Oseania. Confederación Sudamericana de Voleibol (CSV) di Amerika Selatan. Confédération Africaine de Volleyball (CAVB) di Afrika. Confédération Européenne de Volleyball (CEV) di Eropa. North, Central America and Caribbean Volleyball Confederation (NORCECA) di Amerika Ut

Mengenal Apa itu APEC dan Tujuannya

  Saat ini, ada banyak sekali organisasi-organisasi dunia yang bergerak untuk memperdamai dan memajukan setiap negara. Salah satunya adalah APEC. Ap aitu APEC? Dan apa tujuan APEC dibentuk? Berikut kami berikan ulasannya untuk kamu. Pernahkah kamu mendengar kata “APEC”? Mungkin jika kamu masih duduk dibangu sekolah, kamu cukup familiar denga kata yang satu itu. Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) adalah forum kerja sama antara 21 negara di lingkar Samudera Pasifik. Dilansir dari situs APEC, APEC dibentuk pada tahun 1989. Latar belakang berdirinya APEC yakni kesuksesan ASEAN di tahun 1980-an. Kesuksesan ASEAN mendorong Perdana Menteri Australia Bob Hawke untuk memperluas kerja sama. APEC menjadi organisasi perdagangan bebas yang diprakarsai oleh Bob Hawke. Selain itu, kebangkitan ekonomi di kawasan Asia-Pasifik menuntut negara-negara di luar Eropa untuk membentuk blok perdagangan. Tujuan APEC APEC adalah organisasi kerjasama negara-negara di kawasan Asia Pasifik khususnya